KARAKTER: BERJAGA

Tidak ada gunung berapi yang tiba-tiba meletus, selalu ada tanda-tanda seperti gempa bumi dan asap yang mulai mengepul. Dengan aktivitas di puncak yang semakin memuncak, dan baru kemudian gunung itu meletus. Sebenarnya tidak ada anak-anak yang tiba-tiba menjadi pecandu narkoba. Tidak ada pasangan yang tiba-tiba menjadi selingkuh. Kalau saja kita mau menjadi bijaksana dengan menjadi siaga, waspada atau care, dan perhatian pada masalah-masalah kecil. Atau kalau kita mau menanamkan karakter siaga, berjaga-jaga dan hati-hati, di dalam keluarga, maka sesungguhnya itu tidak akan terjadi. Karena kalau kita sedikit saja ada perhatian maka sesungguhnya kita bisa mengenali tanda-tanda awal pasangan kita selingkuh atau anak kita memakai narkoba.

Karena itu untuk membangun sebuah keluarga yang kuat, kita perlu menjadi waspada, dan berjaga-jaga di dalam keluarga. Memperhatikan dan memuji anggota keluarga yang memperlihatkan karakter yang baik. Mengenali kegiatan anggota keluarga yang tampaknya tidak berbahaya tetapi dapat menghasilkan pengaruh yang buruk dalam pergaulan yang keliru. Menyadari bahwa keterlibatan kita dalam aktivitas tertentu, dan mengenakan pakaian tertentu, dapat menarik teman yang salah dan melemahkan kepercayaan pihak-pihak yang lain. Kita dapat menjadi waspada dan berjaga-jaga sehingga tidak ada anggota keluarga yang tiba-tiba terjadi sesuatu. Kalau saja kita ada waktu bagi anggota keluarga yang lain.

Karena itu marilah kita menjadi bijaksana dalam keluarga kita dengan berjaga-jaga dan memberikan perhatian. Marilah kita menjadi bijaksana, berjaga-jaga dan waspada dengan cara berusaha memenuhi kebutuhan pasangan kita. Mari kita berusaha memenuhi kebutuhan anak-anak kita. Kebutuhan mereka akan perhatian kita, kebutuhan akan rasa aman, dan kasih sayang. Ketika setiap anggota keluarga berjaga-jaga dan berusaha memenuhi kebutuhan yang lain, saya percaya keluarga itu akan menjadi sangat kokoh.
Karena itu mari kita menjadi bijaksana dalam keluarga dengan cara menjaga mata, dan telinga terhadap anggota keluarga yang lain.

Kita menjadi keluarga yang bijaksana dengan mengembangkan sikap waspada, dengan cara mengenali dan memperhatikan tanda-tanda perubahan prilaku yang tidak biasanya pada anggota keluarga yang lain. Mengapa kita perlu bersiaga dan menjadi waspada? Karena sesungguhnya kita menjadi waspada kita bisa mendapatkan banyak hal. Keselamatan keluarga kita terjaga dari hal-ha berbahaya baik itu narkoba,perselingkuhan, atau perceraian. Dengan keluarga yang berjaga-jaga dan sikap yang memperhatikan berbagai peringatan dini tentang situasi dan kondisi tertentu. Sehingga lebih banyak waktu dan lebih siap secara phisikologis, secara moral untuk menghadapi perubahan-perubahan yang memang terjadi secara luar biasa didalam masyarakat.

Dengan berjaga-jaga kita menjagai keluarga kita dari kehancuran. Mari kita menjadi bijaksana diakhir zaman yang penuh masalah ini dengan waspada dan memberi perhatian kepada anggota keluarga kita.


EmoticonEmoticon