KARAKTER PERHATIAN

Sikap rusa yang berekor putih yang selalu penuh perhatian bukan hanya disebabkan karena pendengarannya yang tajam. Rusa ini dengan cermat mengevaluasi pemandangan, suara dan bau yang ada di sekitarnya. Proses mental dibalik indera rusa inilah yang benar-benar membuatnya penuh perhatian. Dan demikian mereka bisa menjadi survive. Kita perlu belajar menanam karakter penuh perhatian.
Penuh perhatian didalam keluarga mencakup saling menunjukkan dukungan dengan mendengarkan ide anggota keluarga yang lain tanpa perlu merasa kesal atau mencari-cari kesalahan.

Sikap penuh perhatian dalam keluarga mencakup memberi semangat anggota keluarga yang lain dengan cara mengungkapkan minat kita terhadap aktivitas mereka. Meluangkan waktu untuk menyimak dengan mata dan telinga yang terbuka dengan nasihat dan kepedulian kita kepada anggota keluarga.

Sikap penuh perhatian membuat anggota keluarga begitu penting. Dan itu akan terjadi bila kita meluangkan waktu khusus bersama mereka mendengarkan minat mereka.
Sikap penuh perhatian dalam keluarga dikembangkan dengan cara mempelajari apa yang diminati setiap anggota keluarga sehingga ada sentuhan ekstra yang dapat ditambahkan pada acara ulang tahun, atau pada kesempatan-kesempatan khusus lainnya.
Penuh perhatian didalam keluarga menumbuhkan sikap penghormatan. Orang yang penuh perhatian memperoleh penghormatan dari orang lain. Karena mereka menghargai pendapatnya sebagaimana mereka dihargai pendapatnya. Sikap penuh perhatian menumbuhkan kunci pengetahuan. Kita akan menemukan bahwa mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan dan menyimak jawabannya dengan seksama adalah rahasia pembelajaran yang berhasil.

Karena itu mari kita menjadi bijaksana dengan mengembangkan sikap penuh perhatian dengan cara kita memberikan perhatian, atau pujian saat pasangan atau anak kita menyampaikan sesuatu atau bercerita. Atau bahkan perhatian pada saat mereka potong rambut atau menggunakan baju baru. Jangan sampai istri atau anak kita saat memakai baju kita berkata “Eh bajunya baru ya” Dan dia berkata “Sudah dua bulan tahu tidak? Dan dia menjadi marah. Kenapa? Perhatiannya sudah benar tapi waktunya terlambat.

Jadi perhatian ini juga harus diberikan secara baik dan pada waktu yang tepat.
Kita bisa mengembangkan keluarga yang bahagia dengan cara membangun karakter penuh perhatian di dalam keluarga. Dengan cara kalau kita sedang berbicara satu dengan yang lain, maka kita berusaha untuk menatap mereka dan tidak melakukan hal-hal yang lain. Mengajukan pertanyaan bila kita tidak memahami atau saat kita duduk disebelahnya menjaga mata,telinga dan tangan. Intinya berikan waktu untuk mereka. Pendengar yang baik bukan hanya di senangi dimana-mana tapi juga menambah pengetahuan demikian kata Willson Misner.

Karena itu mari kita menjadi keluarga yang bahagia dengan menumbuhkan sikap penuh perhatian pada setiap anggota keluarga.

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon