Kasih tidak menyimpan kesalahan orang lain (Mengampuni)

'Tidak menyimpan kesalahan orang lain’ bukan berarti membicarakan kesalahan orang lain kemana-mana, ini penggossip. ‘Tidak menyimpan kesahalan orang lain’ dalam arti tidak menyimpan dihati kita, tidak diingat-ingat lagi, artinya mengampuni dengan total.

Orang yang menyimpan kesalahan orang lain dan dingat-ingat, disebut pendendam, dan dendam menimbulkan kebencian dan pertengkaran, hal-hal yang berlawanan dengan kasih. Hati yang dendam menghasilkan pikiran dan reaksi negatif, membuat seseorang sulit berkomunikasi dengan orang lain dan tidak bisa hidup maksimal. Menyimpan kesalahan orang lain di hati dan pikiran kita, hanya membuat hati terluka.

Kasih itu mengampuni. TUHAN mengasihi kita, maka dia mengampuni kita bila kita bersalah.

Kalau pacarmu berkata mengasihimu, maka engkau akan percaya jika dia membuktikannya, dengan mengampuni kesalahanmu, melupakannya dan tidak mengungkit-ungkitnya dikemudian hari. Jika dia selalu mengungkit-ungkit kesalahanmu, engkau tidak marasa damai sejahtera bukan? Demikian juga sebaliknya, jika engkau mencintai seseorang, yakinkan dia bahwa engkau mencintainya dengan tidak menyimpan kesalahannya.


EmoticonEmoticon